Pesan Pak Yuli: "Cintailah Pekerjaan yang Kita Geluti...!"

Oleh: Ir Sihana Yuliarto


Bermanfaat untuk masyarakat
, menjadi motto hidupnya, itulah Sihana Yuliarta yang lahir di Yogyakarta, 04 Juli 1964, dengan gelar Sarjana Sosial Ekonomi Pertanian dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Profesi Penyuluh Keluarga Berencana menjadi pilihan karirnya sejak tahun 1998.


Riwayat Pekerjaan

Setelah resmi diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Penyuluh KB di lingkungan BKKBN DI Yogyakarta, saya ditempatkan di Kabupaten Gunungkidul, dan mengikuti masa orientasi di kantor BKKBN Kabupaten Gunungkidul selama 1 bulan.

Selesai masa orientasi dan resmi menjadi Penyuluh KB, saya mulai ditempatkan di wilayah kerjanya masing-masing yaitu di kecamatan (kapanewon).

Sejak menggeluti profesi sebagai Penyuluh Keluarga Berencana, saya sempat berdinas di 4 kecamatan/kapanewon:

Tahun 1998 sd 2006 di Kapanewon Rongkop, yang terdiri dari 8 kalurahan (Bohol, Semugih, Karangwuni, Petir, Pringombo, Melikan, Pucanganom, Botodayaan).

Tahun 2006 sd 2007 di kapanewon Girisubo, yang terdiri dari 8 kalurahan (Nglindur, Jerukwudel, Karangawen, Nglindur, Pucung, Songbanyu, Tileng, Jepitu).

Tahun 2007 sd 2014 di Kapaanewon Tepus, yang terdiri dari 5 kalurahan (Sidoharjo, Tepus, Sumberwungu, Giripanggung, dan Purwodadi).

Tahun 2014 sd purna tugas (Agustus 2024) di Kapanewon Tanjungsari, yang terdiri dari 5 kalurahan (Hargosari, Kemiri, Kemadang, Banjarejo, Ngestirejo).


Prestasi yang pernah diraih

Tahun 2005, saya alhamdulillah menjadi Juara II Penyuluh KB Teladan tingkat Nasional, dengan materi yang disampaikan mengangkat tema ‘Strategi Meningkatkan Kesertaan Vasektomi';

Tahun 2010, saya menghantarkan Juara III Pasangan KB Lestari 20 tahun tingkat Nasional, atas nama Sulastri dan Sudiyono dari Kalurahan Purwodadi kapanewon Tepus;

Tahun 2016, saya menghatarkan Juara I Motivator KB Pria tingkat Nasional, atas nama H Sutono dari Kalurahan Kemadang;

Tahun 2017, saya menghantarkan Juara II Keluarga Harmonis tingkat Propinsi, atas nama H Sutono dan Purwati dari Kalurahan Kemadang.


Riwayat Organisasi

Tahun 2012 sd 2016 saya menjadi Pengurus DPP IPeKB Indonesia bidang Posdaya;

Tahun 2016 sd 2020 saya menjadi Ketua Umum DPD IPeKB Indonesia DI Yogyakarta;

Tahun 2020 sd purna tugas (Agustus 2024) saya menjadi Ketua I DPD IPeKB Indonesia DI Yogyakarta;

Tepat pada tanggal 01 Agustus 2024,  saya memasuki purna tugas. SK Purna Tugas diserahkan langsung oleh Plt Kepala Perwakilan BKKBN DI Yogyakarta, Mohammad Iqbal Apriansyah, SH, MPH melalui apel karyawan-karyawati di halaman kantor BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta.


Kesan Pesan

Banyak hal yang cukup berkesan bagi  saya selama menggeluti profesi menjadi penyuluh keluarga berencana, salah satunya merasa sangat bangga bisa berkesempatan membagikan ilmu kepada masyarakat, dalam upaya mengubah sikap perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik, menuju keluarga yang bahagia dan sejahtera. Menjadi penyuluh keluarga berencana juga dapat memperbanyak saudara.

Yang terakhir saya berpesan kepada segenap pembaca, cobalah mencintai pekerjaan yang kita geluti, laksanakan dengan semaksimal mungkin, yakin hasil akan mengikuti. Salam Bangga Kencana.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine